Tel. (021) 292 389 16 | Mobile. 0812 9511 9068

Printer Gelang – Zebra HC100™

Zebra Technologies, Inc. selaku pemegang prinsip produk printer Zebra HC100™  merupakan “Market Leader” di dunia Automatic Identification and Data Capture (AIDC).

Printer Zebra HC100™ adalah satu-satunya printer gelang pasien yang diciptakan khusus untuk mencetak identitas, barcode dan foto pasien secara langsung pada media gelang Zebra’s Z-Band®.

Printer Zebra HC100™ sangat mudah di aplikasikan dengan atau tanpa software Sistem Informasi Rumah Sakit, cukup dengan memasukan kaset /cartridge gelang Zebra Z-Band® ke dalam printer dan langsung dapat mencetak gelang pasien sehingga menjadikan printer Zebra HC100™ sebagai satu-satunya printer pencetak gelang pasien terpopuler di lingkungan rumah sakit di Indonesia.

Selengkapnya…

Gelang Pasien – Ekonomis

Gelang Pasien – Ekonomis adalah jenis gelang pasien yang paling umum dan populer dipergunakan di Rumah Sakit/Klinik. Gelang tipe ini memiliki 7 varian warna yaitu: Biru, Merah muda, Kuning, Merah, Ungu, Hijau, dan Orange.

Gelang Pasien – Ekonomis mengedepankan konsep praktis dan “Cost Efficient” tanpa mengabaikan faktor standard kelayakan gelang pasien itu sendiri. Dalam satu cartridge terdapat 350 pcs gelang sehingga dapat melayani pasien dalam jumlah yang lebih besar dimana rata-rata satu roll gelang lain di pasaran hanya berjumlah 200 pcs gelang saja.

Gelang ini juga telah dilengkapi dengan “Tamper-Evident” (Segel) untuk menjamin agar gelang tidak mudah dipindah-tangankan.

Selengkapnya…

Gelang Pasien – Ultrasoft

Gelang Pasien – Ultrasoft adalah jenis gelang pasien terlembut dan ternyaman yang dimiliki oleh Zebra Technologies saat ini. Zebra Technologies mengklaim Gelang Pasien – Ultrasoft adalah Gelang Direct Thermal terlembut yang ada di pasaran.

Gelang Pasien – Ultrasoft sangat aman digunakan oleh pasien untuk usia dewasa, anak-anak, hingga usia bayi karena selain sangat lembut, terekat kuat, dan fleksibel, juga dilapisi oleh lapisan anti-Microbial untuk melindungi pasien dari iritasi dan tercemarnya bakteri.

Gelang Pasien – Ultrasoft menggunakan pewarna/tinta berbahan dasar air serta UV Vernish dan tidak mengandung unsur logam sehingga aman pada saat pemeriksaan melalui mesin MRI (MR-Safe).

Selengkapnya…

Gelang Pasien – Klip/Kancing

Gelang Pasien – Klip/Kancing adalah jenis gelang pasien yang menggunakan Klip/Kancing/Peneng sebagai perekatnya dan tersedia untuk ukuran dewasa dan anak-anak.

Gelang Pasien – Klip/Kancing  hanya memiliki 1 warna gelang yaitu Putih, dilapisi oleh lapisan anti-Microbial untuk melindungi pasien dari iritasi dan tidak mengandung unsur logam sehingga aman di mesin MRI (MR-Safe).

Selain berfungsi sebagai perekat/pengunci gelang, klip atau kancing juga berfungsi sebagai penanda status dan jenis kelamin pasien, seperti : Biru (Laki-laki), Merah Muda (Wanita), Merah (Alergi), Kuning (Resiko Jatuh) dan Ungu (D.N.R.).

Selengkapnya…

Gelang Pasien – Soft Infant

Gelang Pasien – Soft Infant adalah gelang identitas yang khusus diciptakan untuk bayi dan bayi baru lahir termasuk kondisi bayi yang lahir prematur atau bayi berat lahir rendah (BBLR).

Seperti yang kita ketahui pemberian gelang pada bayi baru lahir sangat penting sebagai identitas pertama kali untuk menghindari resiko bayi tertukar. Gelang soft infant mengandung bahan material dengan benang nilon yang sangat lembut untuk melindungi permukaan kulit bayi dari iritasi dan nyaman digunakan karena kulit bayi masih sangat halus dan sangat sensitif.

Desain gelang  ini sangat ramping dan menggunakan perekat adhesive untuk memudahkan petugas medis menggunakan gelang dengan menyesuaikan ukuran bayi termasuk ukuran bayi yang lahir prematur.

Walaupun Gelang Pasien – Soft Infant ramping tapi informasi yang tercetak di gelang identitas bayi tetap tampil jelas dan lengkap sehingga memudahkan tenaga medis dan keluarga pasien untuk memastikan kebenaran data bayi tersebut.

Gelang Pasien – Soft Infant baru tersedia 1 warna gelang yaitu Putih, dilapisi oleh lapisan anti-Microbial untuk menghindari tercemarnya bakteri, tahan terhadap cairan dan air yang bersuhu hingga 40 derajat celcius, dan tidak mengandung unsur logam sehingga aman pada saat pemeriksaan melalui MRI (MR-Safe).

Selengkapnya…

Sticker Indikasi Resiko

Pada saat pasien dirawat di rumah sakit bisa mengalami kondisi dan resiko berupa Alergi, Resiko Jatuh, dan Resusitasi sehingga petugas medis wajib memberikan penanda kondisi dan resiko ini kepada pasien sebagai peringatan dini pada saat pelayanan dan pengobatan.

Ada beberapa metode untuk memberikan penanda kondisi dan resiko ini kepada pasien yaitu menggunakan gelang berwarna, kancing/peneng berwarna, dan stiker berwarna.

Apapun media yang akan digunakan, setiap penanda kondisi dan resiko ini wajib memiliki warna yang mengacu kepada aturan JCI, WHO, dan KARS yaitu pasien dengan status Alergi warna Merah, status Resiko Jatuh warna Kuning, dan status Resusitasi warna Ungu. Media penanda indikasi resiko pasien yang paling praktis dan paling umum digunakan yaitu menggunakan Sticker Status Resiko.

Selengkapnya…

Label Sticker / Label Barcode

Selain gelang pasien, label sticker juga merupakan salah satu media identifikasi pasien yang sekarang umum digunakan di rumah sakit.

Beberapa contoh penggunaan label stiker di rumah sakit seperti : Identitas Pasien, Etiket Obat di Farmasi, Tabung Sample di Laboratorium, Rekam Medis, Asset Management, dan sebagainya.

Beragam label bisa disesuaikan dengan kebutuhan untuk bahan kertas atau plastik, ukuran, warna, dan tingkat kekuatan kelekatan lem, “Dye-Sub” untuk proteksi label, semuanya ini untuk memastikan label bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan manfaatnya.

Pengunaan label sticker sebagai media di printer label sering disebut label barcode yang berisikan huruf barcode beserta identitas data lainnya yang bertujuan meminimalisir kesalahan identifikasi pasien dan obat yang disebabkan oleh faktor kesalahan manusia (Human Error) dalam penulisan atau pengetikan. Beberapa survey di rumah sakit-rumah sakit yang menerapkan label barcode bisa menurunkan tingkat kesalahan manusia sampai 75%.  Dengan demikian, rumah sakit sudah selayaknya menerapkan penggunaan label barcode sebagai prosedur yang sangat penting dan diutamakan untuk identifikasi data yang lebih mudah, cepat, dan akurat.

Selengkapnya…

Kartu Pasien / Kartu Berobat

Sejarah pengunaan Kartu Berobat atau Kartu Pasien yang berbahan plastik dimulai untuk menggantikan kartu pasien yang berbahan karton atau kertas yang mudah rusak dan tidak tahan air sehingga merugikan pasien yang harus membayar lebih untuk biaya “laminating” supaya lebih tahan lama, sedangkan kerugian bagi rumah sakit adalah rentan dengan duplikasi data pasien di rekam medis.

Kartu pasien juga mencerminkan legalitas data formal pasien dan data rumah sakit yang harus dibawa pasien tiap berkunjung ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan pendaftaran yang lebih cepat di semua fasilitas yang tersedia di rumah sakit.

Kartu pasien berbahan plastik dapat ditambahkan “Chip” RFID (radio frequency identification) untuk meningkatkan keamanan data pasien dan proses identifikasi data yang lebih cepat dengan teknologi nirkabel. Pencetakan kartu pasien dengan menggunakan Printer Kartu Zebra ZXP series dapat menghasilkan hasil cetak yang cepat dan cerah serta bisa memadukan huruf barcode yang tercetak jelas di kartu pasien.

Saat ini, penggunaan kartu identias di rumah sakit tidak lagi sebatas sebagai tanda pengenal untuk pasien saja, namun berkembang menjadi kartu karyawan, kartu membership vip, kartu akses pintu masuk, atau bahkan sebagai kartu pembayaran.

Selengkapnya…

Printer Label – Zebra GT820™ dan GC420™

Printer Label atau biasa disebut printer barcode adalah desktop printer yang dirancang khusus untuk mencetak label sticker/kertas dalam bentuk gulungan atau roll.

Printer label sangat umum dipakai di semua industri yang sangat berhubungan erat dengan otomatisasi dan efisiensi seperti pencetakan label, tiket, slip, dan sebagainya. Khusus di rumah sakit printer label biasanya ditempatkan di Bagian Pendaftaran,  Laboratorium,  Radiologi, Apotik, Rekam Medis, Gudang Logistik, dan Kasir sesuai dengan kebutuhan rumah sakit.

Penggunaan “barcode scan” di rumah sakit terbukti meningkatkan “patient safety” karena mampu mengidentifikasi pasien, pemakaian obat-obatan, hingga sampel test laboratorium, secara cepat dan akurat sehingga dapat menurunkan resiko “human error” yaitu kesalahan pengetikan atau penulisan yang sering terjadi.

Saat ini, Zebra technologies memiliki beberapa tipe printer label yang populer di lingkungan rumah sakit seperti : Zebra GT820 dan Zebra GC420. Keduanya mengadopsi teknologi Thermal printing dan bahasa pemrograman EPL2 and ZPL II yang dikenal sangat fleksiblel dan mudah diaplikasikan.

Selengkapnya…

Printer Kartu Pasien /ID Card – Zebra series ZXP3™

Setiap pasien yang pertama kali berkunjung ke rumah sakit pada umum diberikan tanda pengenal berupa kartu pasien/kartu berobat. Kartu pasien yang umum dipakai saat ini terbuat dari bahan PVC yang tujuan agar kartu dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Untuk menghasilkan kualitas kartu pasien yang terbaik, Zebra Technologies mempersembahkan Zebra’s ZXP series mulai dengan ZXP series 3 yang merupakan printer kartu generasi terbaru yang “Cost Effectiveness” dengan sederet fitur yaitu teknologi “Thermal Transfer Direct to Card”, teknologi Zebra’s ZRaster dengan hasil cetak cepat untuk warna hitam dan “Full Color” yang cerah, ketebalan kartu yang bisa disesuaikan, hemat energi, cetak bolak balik (Dual Side), dan sudah dilengkapi NFC (Near Field Communication) untuk penggunaan “Mobile Printing”.

Selain kartu pasien, Zebra’s ZXP series juga dapat dipergunakan untuk mencetak kartu karyawan, kartu membership, kartu akses door, dan lain-lain sesuai kebutuhan rumah sakit.

Selengkapnya…